Komisi B DPRD Bulukumba

RDP Komisi B DPRD Bulukumba terkait Pungli

DPRD Bulukumba, - Komisi B DPRD Bulukumba laksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Inspektorat Daerah Bulukumba dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Bulukumba terkait Pungutan Liar di Pasar Sentral Kab. Bulukumba. Senin 8/11/2021

RDP ini dipimpin langsung Ketua Komisi B Fahidin HDK (PKB) dan hadir Anggota Komisi B Andi Muhammad Ahyar (PKS), Andi Narni Nur Intan (Nasdem), H. Musa Lirpa (PDIP), H. Muh. Sabir (Demokrat), H. Supriadi H. Beddu (Hanura), Ahmad Saiful (Gerindra) dan turut hadir Kepala Inspektorat Bulukumba A. Sri Arianti, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Munthasir Nawir. 

RDP ini merupakan tindak lanjut dari permasalahan yang terjadi di pasar sentral bulukumba terkait adanya dugaan pungutan liar atau pungli, namun dari hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah sebelumnya ada beberapa rekomendasi yang tidak di jalankan oleh dinas terkait. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Munthasir Nawir dalam RDP ini mengatakan terkait rekomendasi dari inspektorat sebagian besar telah kami laksanakan sesuai dengan regulasi yang ada. 

"Sejak RDP sebelumnya di Komisi B DPRD Bulukumba kami dari Dinas Perdagangan dan perindustrian telah melakukan pemberhentian terhadap kepala pasar yang diduga melakukan pungutan liar/pungli serta dijatuhkan hukuman disiplin yang ditindaklanjuti oleh BPSDM Bulukumba". Kata Munthasir Nawir selaku Kepala Dinas. 

Sementara itu Ketua Komisi B Fahidin HDK berharap diperlukan regulasi yang mengatur terkait aturan terhadap penarikan iuran yang tidak diatur atau termuat dalam peraturan. 

"Kami berharap untuk dinas terkait untuk memaksimalkan penarikan PAD di setiap pasar yang ada di Kab. Bulukumba dan perlu adanya revisi terhadap peraturan daerah yang mengatur terkait retribusi". Kata Fahidin HDK selaku Ketua Komisi B. 












Berita Lainnya