Profil Bagian Umum

a. Kedudukan Bagian Umum

Bagian Umum dipimpin oleh Kepala Bagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris DPRD dalam mengoordinasikan pelayanan, merumuskan, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan urusan umum Sekretariat DPRD


b. Fungsi Bagian Umum

Kepala Bagian Umum melaksanakan fungsi: 

  1. Perumusan kebijakan teknis Bagian Umum;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis Bagian Umum;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Bagian Umum;
  4. Pelaksanaan administrasi lingkup Bagian Umum; dan
  5. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya      


c. Uraian Tugas Kepala Bagian Umum

  1. Mengoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan Bagian Umum;
  2. Merumuskan pedoman dan/atau petunjuk teknis pelaksanaan urusan dan pelayanan dibidang pemerintahan;
  3.  Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
  4.  Menyusun rancangan, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5.  Mengikuti rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6.  Melaksanakan ketatausahaan Sekretariat DPRD;
  7.  Melaksanakan pengelolaan kepegawaian Sekretariat DPRD;
  8.  Melaksanakan pengelolaan administrasi keanggotaan DPRD;
  9.  Melaksanakan fasilitasi peningkatan kapasitas anggota DPRD;
  10.  Melaksanakan pengelolaan tenaga ahli sesuai dengan kebutuhan DPRD;
  11.  Mengoordinasikan penyediakan fasilitasi fraksi DPRD;
  12.  Mengoordinasikan pelaksanaan pengadaan dan pemeliharaan kebutuhan rumah tangga DPRD;
  13.  Mengoordinasikan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana DPRD;
  14.  Mengoordinasikan pengelolaan aset yang menjadi tanggung jawab DPRD;
  15.  Mengoordinasikan dan melaksanakan pemantauan, pengendalian, pengawasan, supervisi dan evaluasi Bagian Umum;
  16.  Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga pemerintah dan lembaga nonpemerintah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pada Bagian Umum;
  17.  Menilai kinerja ASN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  18. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Bagian Umum dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.


1. Subbagian Umum dan Kepegawaian

a) Kedudukan : Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Subbagian yang mempunyai tugas membantu Kepala Bagian Umum dalam menyusun program, kegiatan dan petunjuk teknis, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan umum dan kepegawaian Sekretariat DPRD.


b) Uraian Tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian:

  1.  Menyusun program dan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian di lingkup Sekretariat DPRD;
  2.  Menyusun pedoman dan/atau petunjuk teknis pelaksanaan umum dan kepegawaian Sekretariat DPRD;
  3.  Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas pada bawahan;
  4.  Menyusun rancangan, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6.  Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan umum dan kepegawaian Sekretariat DPRD;
  7.  Menghimpun, menelaah dan mendokumentasikan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan kegiatan umum dan kepegawaian;
  8.  Melaksanakan penerapan administrasi persuratan Sekretariat DPRD;
  9. Mengelola kegiatan pengagendaan dan pengekspedisian surat Sekretariat DPRD;
  10. Menginventarisasi bahan dan menyusun analisis jabatan dan beban kerja Sekretariat DPRD;
  11.  Mengelola daftar urut kepangkatan (DUK) dan kenaikan gaji berkala (KGB) dan administrasi kepegawaian lainnya;
  12. Mengelola administrasi perjalanan dinas baik dalam daerah maupun luar daerah/antar provinsi;
  13. Melaksanakan pengaturan kendaraan dan penggunaan sopir dinas;
  14. Melaksanakan pemeliharaan kebersihan dan keamanan kantor
  15. Melaksanakan urusan umum Sekretariat DPRD lainnya;
  16. Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga pemerintah dan lembaga nonpemerint ah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi;
  17. Menilai kinerja ASN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  18. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian serta memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.


2Subbagian Perlengkapan, Aset dan Rumah Tangga

a) Kedudukan : Subbagian Perlengkapan, Aset, dan Rumah Tangga dipimpin oleh Kepala Subbagian yang mempunyai tugas membantu Kepala Bagian Umum dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pengoordinasian pelaksanaan 8 kebijakan yang terkait dengan urusan perlengkapan, aset dan rumah tangga lingkup Sekretariat DPRD berdasarkan peraturan perundang-undangan.


b) Uraian Tugas Subbagian Perlengkapan, Aset dan Rumah Tangga :

  1. Menyusun rencana kegiatan Subbagian Perlengkapan, Aset dan Rumah Tangga untuk dijadikan acuan kerja;
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas pada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dalam lingkungan Subbagian Perlengkapan, Aset dan Rumah Tangga untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan tugas;
  4. Menyusun rancangan, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas; e. Mengikuti rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  5. Mengoordinasikan, menyiapkan dan mengolah bahan untuk penyusunan rencana kerja aset dan perlengkapan;
  6. Melaksanakan pengelolaan aset dan perlengkapan Sekretariat DPRD;
  7. Menyusun administrasi pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  8. Melaksanakan inventarisasi aset dan perlengkapan, pemutakhiran data aset dan pelaporan sesuai kebutuhan;
  9. Melaksanakan pemeliharaan aset dan perlengkapan pada Sekretariat DPRD;
  10. Melaksanakan pemeliharaan kendaraan dinas pada Sekretariat DPRD;
  11.  Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga pemerintah dan lembaga nonpemerintah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi;
  12. Menilai kinerja ASN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  13. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Kepala Subbagian Perlengkapan, Aset dan Rumah Tangga serta memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.



3. Subbagian Humas dan Protokol

a) Kedudukan : Subbagian Humas dan Protokol dipimpin oleh seorang kepala Subbagian, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Umum dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pengoordinasian pelaksanaan kebijakan yang terkait dengan urusan humas dan protokol lingkup Sekretariat DPRD berdasarkan peraturan perundang-undangan.


b) Uraian Tugas Subbagian Humas dan Protokol

  1. Menyusun rencana kegiatan Subbagian Humas dan Protokol untuk dijadikan acuan kerja;
  2. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas pada bawahan sehingga pelaksanaan tugas berjalan lancar;
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dalam lingkungan Subbagian Humas dan Protokol untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan tugas;
  4. Menyusun rancangan, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas;
  5. Mengikuti rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melakukan pengolahan dan analisis data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis bidang pelaksanaan Kehumasan dan kerjasama pers pada Sekretariat DPRD;
  7. Melakukan liputan kegiatan DPRD;
  8. Melakukan penyusunan bahan dan publikasi meliputi kerangka acuan kerja, siaran pers, jurnal dan pemberitaan media cetak;
  9. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data untuk disajikan dalam bentuk informasi yang tepat melalui media;
  10. Melakukan penyusunan klipping dan analisa berita;
  11. Melakukan koordinasi kerjasama publikasi;
  12. Menyiapkan jadwal acara DPRD berkaitan dengan tugas keprotokolan guna kelancaran tugas DPRD;
  13. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan rencana kerja Sekretariat DPRD;
  14. Mmelakukan fasilitasi pelaksanaan koordinasi dan konsultasi untuk pelaksanaan tugas DPRD;
  15. Mmelaksanakan penyusunan laporan kinerja DPRD;
  16. Melaksanakan fasilitasi pelaksanaan tugas Badan Musyawarah DPRD;
  17. Melaksanakan fasilitasi tugas Pimpinan DPRD;
  18. Melaksanakan publikasi dan dokumentasi kegiatan DPRD;
  19. Mengoordinir penyelenggaraan hubungan masyarakat;
  20. Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga pemerintah dan lembaga nonpemerintah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat DPRD;
  21. Menilai kinerja ASN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  22. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas Kepala Subbagian Humas dan Protokol serta memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  23. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.