Profil Setwan


A. Kedudukan Setwan

 Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang dalam melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 

B. Tugas Sekretaris DPRD

Sekretaris DPRD mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

C.  Fungsi Sekretaris DPRD

Dalam menyelenggarakan tugas Sekretaris DPRD menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan teknis lingkup Sekretariat DPRD;
  2.  pelaksanaan kebijakan teknis lingkup Sekretariat DPRD;
  3.  Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup Sekretariat DPRD;
  4.  Pelayanan administrasi dan pembinaan ASN pada Sekretariat DPRD; dan
  5.  Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.



D. Uraian Tugas Sekretaris DPRD

  1.  Mengoordinasikan penyusunan rencana kegiatan sekretariat DPRD sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2.  Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas;
  3.  Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dalam lingkup sekretariat DPRD untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan tugas;
  4.  Menyusun rancangan, mengoreksi, memaraf dan/atau menandatangani naskah dinas; 
  5.  Mengikuti rapat sesuai dengan bidang tugasnya;
  6.  Mengoordinasikan perumusan rencana strategis sekretariat DPRD;
  7.  Mengoordinasikan perumusan kebijakan agar tercipta sinkronisasi dan integrasi kebijakan pemerintah dalam lingkup kewenangan sekretariat DPRD;
  8.  Menyelenggarakan pelayanan administratif dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas anggota DPRD;
  9.  Menyelenggarakan pembinaan kepegawaian dan pengendalian pengelolaan keuangan sekretariat DPRD;
  10.  Menyelenggarakan dukungan administrasi kesekretariatan DPRD;
  11.  Menyelenggarakan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD bidang legislasi;
  12.  Menyelenggarakan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD bidang penganggaran dan pengawasan;
  13.  Menyelenggarakan pemantauan dan evaluasi secara berkala pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah lingkup sekretariat DPRD;
  14.  Menyelenggarakan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga pemerintah dan nonpemerintah dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan;
  15.  Menilai kinerja asn sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  16.  Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sekretaris dprd dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  17.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya